Aspek-aspek Pemasaran Internasional
Pengertian
Pemasaran Internasional adalah pelaksanaan aktivitas-aktivitas bisnis yang mengarahkan arus barang dan jasa kepada konsumen atau pemakai pada lebih dari satu negara.
Istilah pemasaran internasional juga dipakai dalam pengertian yang sangat umum untuk mengacu kepada segala jenis keterlibatan di luar pasar domestik perusahaan.
Pasar domestik merujuk pada praktik-praktik pemasaran pada sebuah negara asal pemasar
Mengapa Melakuakan Pemasaran Internasional
- Kejenuhan pasar domestik
- Defisit perdagangan Luar Negeri
- Globalisasi pasar
- Peluang melalui bantual Luar Negeri
- Alasan-alasan lain (skala ekonomi, jaminan bahan baku, dll)
Kompetensi Pemasaran Internasional
1. Kemampuan untuk menangani rintangan yang dihamparkan oleh pemerintah-pemerintah yang menghalang-halangi arus bebas barang dan jasa yang melewati perbatasan mereka.
2. Kemampuan untuk mengatasi perbedaan-perbedaan yang selalu ada pada saat mengekspor atau berkiprah di dalam satu atau lebih negara.
3. Kemampuan untuk menyokong dan mengevaluasi ekspor atau upaya pemasaran asing
Pelaku Utama dalam PI
- Perusahaan Multinasional (MNC)
- Perusahaan Global
- Perusahaan jasa
- Eksportir
- Importir
Sifat Kerjasama Ek. Intl.
- Bilateral
- Multilateral
- Regional
- Antar Regional
- Internasional
Organisasi Ekonomi dan Perjanjian Perdagangan Internasional
- WTO
- APEC
- AFTA
- ACFTA
- Dll
No comments:
Post a Comment