manajemen

Name

Email *

Message *

Monday, 18 November 2013

Manfaat dengan adanya “Training Service Exellent untuk karyawan” bagi karyawan dan bagi pemilik perusahaan retail

Idealnya, ekonomi kapitalis semakin hari semakin efisien. Meskipun begitu keuntungan dari efisiensi tersebut tidak selalu sama dalam pendistribusiannya. Terkadang hal tersebut didapatkan oleh pemilik bisnis dalam bentuk harga yang tinggi, terkadang didapatkan oleh konsumen dalam wujud harga yang lebih rendah, dan lain waktu giliran para tenaga kerja dalam bentuk kenaikan gaji.

Namun, Anda tidak perlu menjadi ekonom untuk tahu bahwa dalam beberapa generasi terakhir para pekerja tidak terlalu sering memperoleh keuntungan tersebut. Laba perusahaan secara stabil mengalami peningkatan, konsumen memperoleh penawaran produk yang semakin beragam dan terjangkau, sementara gaji pegawai mengalami stagnasi.
Era persaingan global memaksa perusahaan memangkas pengeluaran semaksimal mungkin. Dan pilihan biaya yang akan dipangkas seringkali jatuh pada investasi tenaga kerja. Hal ini membuat gaji dan tunjangan bagi pegawai dengan skill rendah mengalami penurunan.
Tapi bagaimana jika logika di balik pemikiran bahwa pekerja ritel adalah biaya ketimbang aset tidak tepat? Hal inilah yang dikatakan oleh Zeynep Ton, profesor manajemen operasi di MIT’s Sloan School of Management. Hasil riset yang ia lakukan menunjukkan bahwa investasi yang rendah pada sumber daya manusia membuat retailer jauh tidak efisien dalam operasional mereka, dan hal ini membuatnya menjadi kurang menguntungkan.
“Jaringan ritel yang sukses, seperti QuickTrip, Mercadona, Trader Joe, dan Costco tidak hanya berinvestasi cukup besar pada pegawai-pegawai mereka, tapi juga menawarkan harga termurah di indusri mereka, mempunyai performa finansial yang tidak tergoyahkan, serta memberikan layanan pelanggan lebih baik dibanding para pesaingnya,” begitu tulis Zeynep dalam makalah yang dimuat dalam Harvard Business Review.
Tentu tidak semua retailer menanggapi positif hasil riset Zeynep. Beberapa memandang skeptis hal tersebut. Mereka mengatakan bahwa investasi pada pegawai hanya berlaku bagi retailer yang diferensiasinya pada barang atau jasa. Hal tersebut tidak berlaku bagi mereka yang berada pada sektorlow-cost. Tapi Zeynep membuktikan sebaliknya.
Menurutnya, retailer yang memiliki harga jual produk atau jasa yang rendah dapat berinvestasi pada pegawainya karena mereka dapat berhemat pada area tersebut dengan memiliki tenaga kerja yang terlatih dan termotivasi.
“Dalam kunjungan lapangan, saya terus-menerus menemukan bahwa dengan berbagai produk, promosi, dan area penyimpanan, sebuah tugas yang seharusnya sederhana – seperti menyusun pasta gigi di rak – pada praktik tidak sesederhana itu. Cara kerja yang secara mengejutkan sangat kompleks mensyaratkan sesuatu yang hanya dapat dilakukan manusia, yaitu pertimbangan. Bayangkan para pegawai yang mendapatkan upah yang buruk, tidak terlatih, dan tidak termotivasi harus memonitor produk mana yang telah terjual, memutuskan mana yang harus tetap dijual, produk mana yang harus masuk dan keluar dari gudang, serta mengingat barang apa berada dimana,” jelas Zeynep panjang lebar.
Setelah membaca pemaparan Zeynep, Anda tentu tidak lagi berpikir dapat memandang enteng peran para pegawai Anda, bukan? Pegawai adalah aset Anda yang sangat berharga, jadi berinvestasilah secara pantas untuk para pegawai Anda. (www.retailcustomerexperience.com)
Manfaat Training Service Excellent bagi karyawan
Kompetisi dalam dunia bisnis sangat ketat, tingkat persaingan bisnis dari hari kehari bukannya makin melemah, tetapi justru semakin menguat. Perusahaan yang dapat memberikan pelayanan terbaiklah yang akan memenangkan kompetisi itu, oleh karena itu setiap perusahaan dituntut untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Ingat ! kompetitor anda tidak tidur ! kompetitor bisnis anda dari hari ke hari terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanannya. Bagaimana dengan anda? ya benar sekali, anda harus terus meningkatkan kualitas pelayanan sampai pada level "Service Excellent". Untuk menerapkan service excellent, mau tidak mau anda harus memberikan bekal yang cukup pada karyawan anda tentang apa dan bagaimana service excellent itu. Oleh karena itu jangan ragu untuk memberikan pelatihan atau training service excellent pada seluruh karyawan anda.
Manfaat training service excellent bagi karyawan sangat banyak sekali diantaranya, karyawan akan mengetahui bagaimana cara memberikan pelayanan kepada pelanggan agar pelanggan puas.
Dalam melakukan service excellent faktor kompetensi, pengetahuan tentang pelanggan dan harapan pelanggan sangat memegang perasan penting serta yang tidak kalah pentingnya adalah, anda harus sudah memiliki standar mutu kerja yang tinggi.

No comments:

Post a Comment